BKSAP DPR RI Dorong Penguatan Kerja Sama I-EU CEPA Di Berbagai Bidang Strategis

BKSAP DPR RI Dorong Penguatan Kerja Sama I-EU CEPA Di Berbagai Bidang Strategis

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI Fadli Zon mendorong penguatan kerja sama Indonesia dan Uni Eropa di berbagai bidang. Hal itu ditegaskan Fadli Zoon saat memimpin pertemuan bersama Daniel Caspary, Ketua Delegasi Parlemen Uni Eropa untuk Asia Tenggara dan ASEAN (DASE). Forum tahunan ini dihadiri pula oleh Wakil Ketua BKSAP, Putu Supadma Rudana dan Gilang Dhielafararez, serta Anggota BKSAP Agustina Wilujeng Pramestuti.

Fadli Zon meyakini pentingnya kedua parlemen untuk menegaskan kembali hubungan jangka panjang. “Sebagai aktor penting di kawasan kita masing-masing, aksi kolektif kita akan sangat dibutuhkan untuk mengatasi tantangan global secara efektif,” papar Fadli.

Salah satu topik utama dalam dialog ini adalah proses negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-UE (I-EU CEPA) yang sedang berjalan. I-EU CEPA ini lebih dari sekedar perjanjian dagang, karena akan menjadi jembatan yang menghubungkan dua pasar utama kita sebesar hampir 600 juta jiwa.

Pertemuan ini membahas tiga topik utama yang menjadi perhatian kedua parlemen, yakni: i) Kerja sama perdagangan bilateral dan investasi; ii) Isu-isu keamanan global dan regional; serta iii) Kerja sama dalam transisi hijau dan perubahan iklim.

Fadli Zon mengapresiasi komitmen yang sebelumnya disuarakan Parlemen Eropa pada Sidang Umum AIPA ke-44 di Jakarta, Agustus 2023 lalu. Parlemen UE, yang merupakan simbol persatuan dan kolaborasi demokrasi, selalu menunjukkan komitmen untuk membina hubungan yang lebih erat, tak hanya dengan Indonesia, tetapi juga dengan parlemen negara-negara Asia Tenggara pada umumnya.